• Join Us on Google Plus!
  • Subcribe to Our RSS Feed

Selasa, 08 April 2014

Objek Wisata Umat Beragama di Bukit Kasih Kanonang Minahasa

April 08, 2014 // by AyrusTech.corp // ,

Manado merupakan kota paling aman di Seluruh Indonesia. Ini dikarenakan orang - orang Sulawesi Utara sangat menghargai dan menghormati orang yang 'berbeda' baik itu agama maupun suku dan ras. Salah satu bukti nyata untuk menghargai tenggang rasa antar umat beragama di Manado maka didirikannya Bukit Kasih Kanonang.

Bukit Kasih ini terdapat di desa Kanonang Kawangkoan Kabupaten Minahasa. untuk menuju kesana harus menempuh perjalanan sekitar 2 jam dari kota Manado atau sekitar 50 km arah selatan Manado menuju ke highland. informasi tambahan bahwa Bukit Kasih Kanonang didirikan pada tahun 2002 diatas tanah sebesar 4 hektar.

Bukit Kasih Kanonang merupakan sebuah tempat wisata rohani yang menawarkan kenikmatan dalam bertenggang rasa dimana di puncak Bukit Kasih terdapat berbagai macam tempat ibadah dari 5 agama yang diakui di Indonesia.

Sepanjang perjalanan menuju tempat ini anda akan dimanjakan oleh pemandangan alam yang sangat indah seperti teluk Manado, melintas di kota bunga Tomohon, kemudian untuk ke bukit kasih ini anda harus melewati hutan pinus dan pemandian air panas Lahendong, Taman Wisata Toar Lumimuut Sonder dan Gua Jepang di Kiawa, Kawangkoan. 

Konon, dulunya tempat wisata ini dinamakan Bukit kasih karena dua alasan. Di bukit ini pernah ada sebuah legenda tentang cinta terlarang sepasang Ibu dan Anak yang kemudian menikah. Tak heran jika di tempat ini terdapat salah satu sisi bukit menampakkan rupa wajah Toar (sang anak) dan Limumuut (sang Ibu) yang diyakini masyarakat setempat sebagai nenek moyang mereka.

Selain itu, alasan kedua adalah bukit ini menjadi simbol cinta kasih dan perdamaian antar umat beragama dengan dibangunnya para tempat ibadah kelima agama tersebut. Kelima tempat ibadah itu dibangun berdampingan. Untuk mencapainya anda harus menapaki sekitar 2435 anak tangga yang berkelok-kelok. Di kanan dan kiri anak tangga terdapat simbol-simbol salib pemberhentian Tuhan Yesus menjelang penyalibannya. Bukit kasih ini dibangun sekitar tahun 1999 di sebuah akwasan bukit tropis berdinding terjal nan berkabut. Uniknya lagi bukit inidibangun tepat diatas sumber air panas dari Gunung Soputan. Tak heran jika anda nantinya akan mencium banyak bau belerang dan melihat asap putih yang keluar dari celah dinding batu. Di kawasan ini pula terdapat kolam pemandian air panas yang dalamnya mencapai 100 meter lebih. Di kolam ini anda tidak bisa menceburkand iri begitu saja karena suhu nya sangat panas. Untuk merebus telur saja hanya dibutuhkan waktu 10 menit. Kebayang seperti apa panasnya?